Kamu Bingung Cara Merakit PC? Yuk Ikuti Langkahnya!

Jika kamu menyukai merakit peralatan elektronik, namun masih belum paham betul langkah-langkahnya, kamu bisa simak artikel di bawah ini yang membahas cara merakit PC dengan lengkap dan jelas. Yuk disimak!

#MoveWithMoove

cara merakit pc

Merakit PC seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi orang awam dikarenakan adanya pemikiran kalau merakit PC merupakan hal yang rumit. Padahal, apabila kamu sudah memahami langkah-langkahnya dengan benar, merakit PC sebenarnya tidak serumit itu loh!

Yuk Simak Langkah-Langkah Rakit PC dengan Mudah

Sebelum merakit PC sendiri, ada beberapa komponen yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu nih, yaitu komponen-komponen utama PC itu sendiri seperti casing PC, Motherboard, CPU, GPU, RAM, SSD/HDD, Kipas, Power Supply, dan komponen penting lainnya sesuai keinginan kamu. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak langkah berikut.

1. Persiapkan alat merakit PC

cara merakit PC

Dalam merakit PC, kamu perlu menyiapkan alat-alat yang diperlukan dalam merakit PC. Peralatan utama yang dibutuhkan adalah obeng atau sekrup, obeng magnet, kabel ties/strip Velcro, gunting, permukaan non-konduktif dan bersih. Selain itu, usahakan kamu berada di ruangan dengan banyak space kosong ya.

2. Mempersiapkan Casing dan Komponen PC

Langkah ini merupakan salah satu Langkah terpenting dalam perakitan PC. Pertama-tama, kamu harus memilih casing PC yang sesuai dengan ukuran meja atau ruangan kamu, dan tentunya pilihlah desain casing PC yang sesuai dengan selera kamu ya!

Setelah itu, kamu perlu memilih dan membeli seluruh komponen yang diperlukan dalam PC, seperti Motherboard, Power Supply, CPU, GPU, RAM, SSD/HDD, kipas, konektor internet, dan komponen-komponen lain. Pastikan kamu memilih komponen yang sesuai juga dengan budget yang kamu miliki ya.

3. Memasang CPU

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memasangkan CPU ke Motherboard. Pertama kamu perlu membuka sekrup penahan dibelakang casing CPU, lalu buka soket processor. Tarik bagian pengait ke sebelah kiri secara hati-hati lalu tarik keatas dan buka besi penutup processor.

Masukkan processor dengan memegang tepiannya dan pastikan kamu berhati-hati dan tidak menyentuh lingkaran pin (keemasan). Setelah itu pasang pengaman dengan menekan besi pengait.

4. Memasang Kipas / Sistem Pendingin

Kipas/Heatsink diposisikan diatas processor / CPU. Sesuaikan posisi kipas lalu kencangkan dengan menggunakan sekrup dan obeng hingga terpasang di motherboard. Pastikan kipas sudah terpasang dengan baik dengan memastikan kipas sudah tidak goyang.

Catatan Editor

Selain mempersiapkan peralatan yang dibutuhkan untuk merakit PC, kamu juga perlu menyiapkan VPN untuk PC kamu loh guys! Salah satu VPN terbaik yang bisa kamu gunakan adalah Moove VPN.

Dengan Moove VPN aktivitas kamu tidak akan dilacak atau dimata-matai, selain itu koneksi internet juga menjadi lebih lancar dan stabil. So, kamu bisa dapatkan Moove VPN secara gratis di bawah ini!

Google Play

5. Pemasangan RAM

Dalam pemasangan RAM, kamu perlu memperhatikan jumlah slot RAM dan jenis Ram / soket yang digunakan agar tipenya sesuai. Pada saat pemasangan, tancapkan soket secara perlahan, dan pastikan soket saling mengunci hingga terdengar bunyi “klik”.

6. Pemasangan Power Supply

Dalam pemasangan Power Supply, kamu harus mengetahui lokasi Power Supply di dalam casing, karena penempatan bisa dilakukan di bagian bawah atau dibagian belakang. Sesuaikan dengan rakitan sistem ventilasi kamu, agar kipas Power Supply dapat menghadap ke ruang kosong. Setelah itu, pasang Power Supply dengan sekrup hingga kuat.

7. Memasang Motherboard ke Casing PC

Selanjutnya adalah pemasangan motherboard ke casing PC. Motherboard umumnya memiliki pelindung I/O, apabila ada, pastikan kamu telah memasangnya terlebih dahulu. Setelah itu, kamu bisa langsung memasangkan motherboard ke casing, pastikan kabel motherboarad berada di tempat yang benar dan gunakan sekrup untuk menyangga motherboard.

Baca Juga : Rekomendasi Laptop 5 Jutaan Terbaik Di Tahun 2022, Yuk Simak!

8. Memasang GPU

Dalam pemasangan GPU, temukan slot PCIex16 pada motherboard. Slot PCIe memiliki tempat yang umumnya panjang dan berbeda warna. Pastikan kamu menggunakan slot PCIe yang diprioritaskan. Setelah itu, pasangkan GPU hingga terdengar bunyi “klik”.

9. Pemasangan SSD/HDD

Langkah selanjutnya adalah pemasangan SSD/HDD sebagai ruang penyimpanan. Kamu bisa menempatkan SSD/HDD pada tempat yang dibuat untuk ruang penyimpanan di casing. Dalam pemasangan kamu mungkin melihat braket logam dengan lapisan atau lubang, cukup letakkan drive dan kuatkan menggunakan skrup.

10. Menginstal Sistem Operasi

Setelah semua langkah tersebut dilakukan, kamu dapat menyambungkan Power Supply ke Motherboard, untuk kemudian disambungkan ke saluran listrik. Dan Apabila kamu mengikuti langkah diatas dengan benar, PC kamu seharusnya sudah bisa menyala dan saatnya kamu menginsntal sistem operasi.

Saat dinyalakan, kamu akan masuk ke pengaturan sistem BIOS, pastikan info sistem PC telah sesuai dengan apa yang kamu rakit. Setelah itu, kamu bisa melakukan boot pada PC tersebut.

Nah, jadi itu dia langkah-langkah dalam merakit PC dari awal. Bagaimana? Tidak serumit yang kamu bayangkan kan? Kuncinya adalah harus focus dan teliti saat perakitan PC, sehingga tidak ada bagian yang terlupa maupun tidak terpasang dengan benar. Semoga perakitan PCmu lancar jaya ya!


Artikel Lainnya


film hitam putih

8 Rekomendasi Film Hitam Putih Dengan Visual Terbaik

Apa yang ada dalam benak kalian saat mendengar film hitam…
film christopher nolan

10 Film Christopher Nolan Terbaik!

Diakui sebagai sutradara kenamaan, film Christopher Nolan tentunya mempunyai jaminan…
chick flick film

10 Chick Flick Film yang Bikin Auto Good Mood

Ada banyak sekali genre dalam dunia perfilman, salah satunya adalah…