Rekomendasi Film Mafia Italia Terbaru Tahun 2000an

Beberapa dari film mafia ini seringkali dianggap jadi penerus karya legendaris The Godfather (1972) lho!

#MoveWithMoove

Film Mafia

Kami juga setuju kok, bila The Godfather (1972) jadi film mafia terbaik sepanjang masa. Tapi apa kamu tidak bosan melihat judul tersebut ada di seluruh rekomendasi?

Maka dari itu, kami mencoba merangkum beberapa judul film bertemakan mafia lainnya, agar kamu punya referensi lain, selain The Godfather ya!

Fun Fact

Film mengenai mafia pertama kali dirilis dan populer di era 1930-an.

Mungkin beberapa judul film, sudah tidak tayang lagi.

Moove VPN dapat menjaga kamu ketika browsing film tersebut di beragam situs dari seluruh dunia.

Google Play

Sebelum lebih lanjut, kata mafia itu merujuk istilah  La Cosa Nostra (Bahasa Italia: Hal Kami). Pertama kali muncul pada abad pertengahan, dan digunakan oleh masyarakat asal Sisilia – Italia.

Sehingga, judul film yang kami sebutkan disini, spesifik yang bernuansa atau dalam konteks mafia Italia. Simak selengkapnya disini!

1. One Hundred Steps (2000)

Kami merasa wajib untuk memasukkan judul ini ke dalam daftar, karena film yang mengisahkan kehidupan Peppino Impastato, yaitu seorang aktivis politik yang menentang mafia di Sisilia ini, akan memberikanmu sudut pandang berbeda. Terutama dari sudut pandang pihak yang melawan kekuasaan mafia di daerah tersebut.

Kamu akan mulai merasa relate ketika sosok Peppino yang digambarkan sebagai sosok muda yang bergelora itu harus berjuang tanpa henti, menentang kekuasaan begitu kuat dan tak terkalahkan.

Mirip dengan kamu yang pernah komplain dengan atasanmu, namun tidak pernah direspon, miris!

Oh ya! Film ini diangkat berdasarkan kisah nyata atas tokoh bernama Giuseppe Impastato. Hidupnya berakhir teragis, karena dirinya dibunuh oleh kelompok mafia yang bersebrangan dengannya. Dirinya diledakkan dengan sebuah TNT yang diletakkan di bawah tubuhnya.

2. The Consequences of Love (2004)

Sebuah film psikologi-thriller dengan judul asli “Le conseguenze dell’amore” ini, buat kami jadi salah satu karya terbaik yang pernah ditulis dan disutradarai oleh Paolo Sorrentino.

Film ini berpusat pada tokoh Titta Di Girolamo, seorang mantan broker yang membuat sekelompok mafia mengalami kerugian 220 juta lira, dalam beberapa jam.

Atas perbuatannya itu, dirinya harus dihukum dan dipaksa mengembalikan kerugian tersebut, dengan kerja kotor dan tinggal di atas sebuah hotel, menyendiri selama delapan tahun.

Menurut kami, banyak yang akan terkecoh oleh tampilan dan kecanggungan yang ditampakkan oleh karakter utama di film ini, di babak awal film.

Kengerian dibalik rahasia hidupnya, akan terbongkar perlahan seiring pertemuan dirinya dengan seorang wanita yang dikaguminya pada suatu hari.

Bagaimana nasib dari Titta Di Girolamo dan pasangannya tersebut? Tonton segera The Consequences of Love (2004)!

3. Gomorrah (2008)

Film ini mengisahkan tentang aksi saling bunuh antara sindikat Di Lauro Camorra yang menguasai wilayah Scampia hingga Secondigliano dengan kelompok Faida di Scampia.

Kamu akan mendapati 5 cerita pendek, yang menggambarkan lima sudut pandang yang berbeda dari peperangan dua klan tersebut.

Aksi saling bunuh dari dua klan ini diangkat dari kisah nyata yang terjadi dari Oktober 2004 hingga September 2005, menewaskan kurang lebih 60 korban, dan berakhir saat Paulo Di Lauro tertangkap.

Karena film ini penuh dengan aksi kekerasan, kami sarankan kamu sudah cukup usia bila ingin menyaksikan film ini.

4. The Sicilian Girl (2008)

Dendam memang seringkali mengendap lama pada diri manusia. Itulah satu kalimat yang menggambarkan film ini, The Sicilian Girl (2008).

Meski cover film-nya terkesan manis, namun film ini menyimpan kisah tragis dari Rita Mancuso yang ketika berumur 11 tahun, menyaksikan langsung kematian sang ayah, yang dibunuh oleh keluarga mafia yang menjadi rival dari sang ayah.

Apakah jalan kekerasan akan digunakan oleh Rita untuk menuntut balas?

5. The Mafia Kills Only in Summer (2013)

Film yang berpusat pada tokoh Arturo Giammarresi muda yang mengidam-idamkan sosok mafia, lama kelamaan setelah dewasa terbuka pandangannya karena mengetahui tindakan korupsi dan pembunuhan yang dilakukan oleh mafia tersebut.

Meski terdengar begitu serius, film ini akan membuatmu tertawa karena banyaknya komedi yang disisipi dalam alur cerita film ini.

Kamu juga mungkin agak bingung maupun sedikit mengantuk di babak awal film, karena cenderung slow burn. Namun, di pertengahan babak hingga ke akhir, tiap karakter akan berkembang dengan sangat baik.

Film yang banyak mendapatkan penghargaan di ajang internasional ini memang layak mengisi waktu lengangmu, dan jadi judul yang refreshing ditengah tema mafia yang kejam dan brutal.

6. Black Souls (2014)

Sudah barang tentu Black Souls (2014) karya Francesco Munzi layak masuk ke dalam daftar film mafia terbaik ini, bahkan Rotten Tomatoes pun memberikan opini yang senada dalam cuitan berikut:

Film yang mengisahkan tentang seorang brandal muda yang hidup dalam ilusi akan kesuksesan di dunia kriminal, yang membawanya pada lingkaran rivalitas dua keluarga mafia.

Yang banyak jadi perbincangan ialah bagaimana kehidupan mafia dalam film ini jauh dari segala bentuk kemewahan, bila dibandingkan dengan film dengan tema yang sama.

7. Suburra (2015)

Bila penggusuran suatu wilayah oleh Pemerintah selalu diiringi dengan kericuhan, bagaimana bila ditambah keterlibatan kelompok mafia di dalamnya?

Film ini mencoba memberi gambaran tentang kekuatan keluarga mafia atas Pemerintah dari suatu wilayah. Bagaimana suatu wilayah tertentu bisa digusur untuk diubah menjadi realestate, atas kemauan dari mafia tersebut.

Di dasarkan dari kisah nyata atas kebengisan Mafia Capitale yang ada di Roma, dan berlangsung selama 15 tahun mulai dari 1999 hingga 2014.

8. The Irishman (2019)

Dengan total budget sebesar $159–250 juta dolar, sudah jelas ini adalah film termahal dari keseluruhan judul lainnya yang ada di daftar ini.

The Irishman (2019) melampauai beberapa judul lain dari segi kualitas aktor yang dihadirkan dalam satu layar. Kamu bisa kembali menyaksikan, para megabintang seperti Robert De Niro, Joe Pesci dan Al Pacino.

Film ini mengangkat kisah nyata akan seorang supir truk bernama Frank Sheeran, yang merangkak naik menjadi salah satu pembunuh legendaris di Keluarga Bufalino.

Sayangnya, dengan durasi sepanjang 209 menit, tak lantas banyak ditanggapi secara positif oleh kritikus film, yang menilai hal itu terlalu dragging dan membuang waktu.

Meski begitu, untuk kamu yang sedang gabut di akhir pekan, film mafia yang satu ini sangat cocok untuk mengisi waktu kosongmu itu!

9. The Traitor (2020)

Film yang diangkat dari kisah nyata atas hidup Tomasso Buscetta yang dikenal dengan julukan “boss of the two worlds” ini cukup underrated bagi para penikmat film mafia.

Mengisahkan rangakaian persidangan Buscetta di Italia, untuk meruntuhkan kekuasaan mafia Sisilia yang dianggapnya sudah keluar dari norma awal organisasi.

Di film ini, kamu akan memahami sepintar apa para mafia pada masa tersebut membuat keputusan dalam hal-hal urgent terkait bisnis kotor yang mereka jalankan.

Mereka mampu membayar banyak pihak, untuk bekerjasama dengan mereka. Mulai dari menyuap polisi, jaksa hingga masyarakat sekitar.

10. The Many Saints of Newark (2021)

Mungkin, bagi kamu yang mengikuti The Sopranos, sebuah serial televisi rilisan HBO menjelang akhir tahun 90-an, kamu sudah tidak asing dengan tokoh Tony Soprano, anak dari bos mafia Italia, yakni James Gandolfini.

Nah! film Many Saints of Newark (2021) adalah sebuah prequel dari serial telivisi tersebut, yang mengisahkan hidup dari seorang Tony Soprano muda, berlatar pada masa kerusuhan Newark (1967).

Disini, kamu akan mendapat gambaran, bagaimana tokoh Tony akan dibimbing dan menjadi pemimpin kelompok mafia paling beringas di kota tersebut, oleh sang paman yakni Dickie Moltisanti, yang diperankan oleh Alessandro Nivola.

Itulah beberapa judul film mafia yang menurut kami layak kamu pertimbangkan, untuk kamu tonton demi mengobati kerinduanmu akan film mafia yang berkualitas seperti The Godfather (1972).

Meski film mafia mempertontonkan aksi baku tembak yang liar dan brutal, kami harapkan kamu tidak mencontohnya ya! Cukup tembak hati pasanganmu saja!

Catatan Penulis

Beberapa film mungkin saja diblokir di suatu negara, karena adegannya yang terlalu kejam dan brutal.

Bila film mafia yang kamu ingin tonton, ternyata diblokir saat ini.

Gunakanlah Moove VPN yang akan membantumu, untuk akses server dari regional lain di seluruh dunia.

Jadi, aktivitas nontonmu tidak terganggu deh!

Google Play


Artikel Lainnya


film hitam putih

8 Rekomendasi Film Hitam Putih Dengan Visual Terbaik

Apa yang ada dalam benak kalian saat mendengar film hitam…
film christopher nolan

10 Film Christopher Nolan Terbaik!

Diakui sebagai sutradara kenamaan, film Christopher Nolan tentunya mempunyai jaminan…
chick flick film

10 Chick Flick Film yang Bikin Auto Good Mood

Ada banyak sekali genre dalam dunia perfilman, salah satunya adalah…